DONJUAN FORUM COMMUNITY ALL IN ONE BASIC

**SELAMAT DATANG DI DONJUAN COMMUNITY FORUM ALL IN ONE**

Silahkan Registrasi & Login untuk Akses penuh ,
Terima kasih atas Kunjungan-nya
DONJUAN FORUM COMMUNITY ALL IN ONE BASIC


    Pengertian Hacker? Cracker ?

    Share

    ADMIN
    Admin
    Admin

    Jumlah posting : 389
    Points : 1177
    Reputation : 10
    Join date : 09.12.10
    Lokasi : Las Vegas, USA

    Pengertian Hacker? Cracker ?

    Post  ADMIN on Wed 29 Dec 2010, 08:08

    Pengertian Hacker? Cracker ?









    Apa sih hacker ?
    Hacker adalah seseorang yang mengerti sebuah sistem, bagaimana caranya sistem tersebut bekerja, dan mengetahui jawaban dari pertanyaan seperti ini : " Jika saya menambahkan, meng edit, atau menghapus bagian ..... , maka yang terjadi adalah .....

    Misalnya saja, anda mengerti bagaimana cara membuat mobil, mengerti bagian-bagian mesinnya, dan mengetahui komponen apa saja yang di butuhkan sebuah mobil agar mobil tersebut bisa berjalan dengan baik.

    Karena anda mengetahui sistem "Mobil" tersebut, maka Anda juga mengetahui bagaimana cara membuat mobil tersebut tidak bisa berjalan.

    Pada prinsipnya, Jika anda mengerti konsep dari logika program, "Jika dan maka" , Jika lakukan ini, maka...., dan mengerti bagaimana sistem tersebut di buat, mengetahui bagian-bagian pentingnya, anda juga pasti mengetahui apa yang harus di lakukan untuk membuat sistem tersebut tidak berjalan.

    Kenali dulu sistem yang akan di tembus, lalu ajukan pertanyaan, "Apa , dan Bagaimana, lalu Apabila ??"

    Sebagai studi, anggap saja Anda ingin melakukan hacking terhadap situs semuabisnis.com, maka anda perlu mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan " apa ? , bagaimana ? dan apabila.

    Mari kita mulai dengan pertanyaan pertama.

    1. kita mulai dengan pertanyaan "Apa... "

    Apa sistem yang di pakai semuabisnis.com ?
    - situs ini menggunakan sistem aplikasi PHP, dan Apache sistem sebagai servernya.

    Apa versi dari php dan apache yang di gunakan ?
    - Versi PHP yang di gunakan adalah versi php .. ( edit yee :P ) , dan apache versi ... ( di edit juga yah )

    Apa kah dari versi tersebut terdapat bug / kelemahan ?
    - kelemahan dari versi tersebut adalah ...... ( di edit ah.. :D )

    Apa yang di akibatkan dari bug / kelemahan tersebut ?
    - Kelemahan tersebut bisa mengakibatkan .....

    2. Pertanyaan yang di mulai dengan " Bagaimana... "
    Anggap saja anda sudah mengetahui versi nya, dan juga mengetahui kelemahan dari versi tersebut. lalu....

    Bagaimana memanfaatkan kelemahan tersebut ?

    Bagaimana cara mengeksekusi kelemahan tersebut ?


    3. Pertanyaan yang di mulai dengan " Apabila... "

    Pertanyaan khusus jika anda sudah mengetahui kelemahan-kelemahan yang terdapat di PHP dan apache server.

    - Saya melihat di semuabisnis.com ada halaman member area, lalu apabila saya memasukkan kode 'or"=' di bagian username dan password apakah saya bisa masuk ke halaman member area ?

    - Saya juga melihat semua bisnis menggunakan mysql, lalu apabila saya memasukkan perintah sql di salah satu form, apa yang terjadi ?

    Kira-kira proses nya seperti itu, mengetahui suatu system sama saja mengetahui bagaimana membuat sistem tersebut tidak berjalan, atau memanipulasi system tersebut.

    Oh ya, walaupun pada contoh di atas adalah menggunakan situs semuabisnis.com bukan berarti saya meminta anda untuk melakukan hacking di situs ini, bila anda lakukan, wah... saya bakal kerepotan. Anda lebih pintar dari saya, silahkan cari situs lain untuk pembelajaran.

    Apa sih Cracker ?

    - Cracker adalah seorang yang kegiatannya hanyalah merusak, menembus dan mengganti halaman suatu situs adalah menjadi hobi dengan alasan untuk uji coba kemampuannya. ataupun hanya untuk mengasah ilmu yang sudah di dapatnya.

    Apa bedanya antara hacker dan cracker ?

    - Perbedaannya sangat tipis, hanya karena satu alasan saja, seorang hacker bisa menjadi cracker dan melakukan tindakan pengerusakan. atau seorang cracker bisa juga menjadi hacker.

    Sekedar contoh saja, di awal tahun 2000 an, ketika Cracker dari Italia menyusup ke komputer portugis, lalu dari komputer negara Portugis mereka melakukan serangan ke Indonesia. 3 orang hacker Indonesia yang mengetahui serangan ini, melakukan tindakan balasan.

    Singkat cerita 3 orang ini berhasil menghilangkan domain yang berakhiran .pt , sehingga situs portugis yang berakhiran .pt tidak bisa di akses. untuk indonesia domain ID nya adalah co.id , sedangkan portugis .pt.

    Pembicaraan pun di gelar di komunitas hacker portugis, setelah di lakukan penyelidikan, baru di ketahui asal serangan tersebut berasal dari Negara Italia.

    Anda lihat bukan ?, Melakukan tindakan balasan, artinya melakukan serangan, melakukan serangan artinya melakukan pengerusakan, yang melakukan pengerusakan di sebut cracker.

    Atau sebut saja seseorang yang menggunakan nickname Tarjo, hanya karena australia menduduki timor-timor, sebagai bentuk protes, lebih 1000 situs Australia dalam waktu 1 malam di rusak, dan dalam 1 malam juga Tarjo berubah gelar menjadi Cracker.

    Yang terbaru adalah kasus dengan malaysia ( ambalat ), banyak juga hacker yang dalam 1 malam berganti gelar menjadi cracker,dengan melakukan tindakan pengerusakan di situs-situs malaysia.

    So, Buat yang merasa seorang hacker, Gunakan skill-mu dengan bijaksana




    Thanks & Sorry

    By.Admin

      Waktu sekarang Thu 08 Dec 2016, 14:51